Thursday, November 12, 2009

Toyota Mundur dari F1

Toyota Mundur dari F1

Tim F1 Williams

TOKYO--Toyota mengikuti langkah Pabrikan asal Jepang lain, Honda, yakni mundur dari ajang balap Formula Satu (F1) tahun depan. Desember tahun lalu, Honda memutuskan mundur dari F1 untuk memangkas kerugian menyusul krisis ekonomi dunia, Rabu (4/11).

Mundurnya Toyota menjadi pukulan bagi F1 dan perusahaan otomotif Jepang. Sebelumnya Subaru dan Suzuki sudah menarik diri dari kejuaraan reli dunia. Sementara Kawasaki tidak lagi berpartisipasi di MotoGP.

Pembuat ban asal Jepang, Bridgestone, telah mengumumkan tidak akan memperbarui kontrak sebagai penyedia ban F1 setelah musim 2010. Sementara, sikuit Toyota Fuji International Speedway memberikan hak sebagai tuan rumah GP Jepang 2010 dan seterusnya kepada pihak lain untuk mengurangi beban biaya.

Toyota menjadi satu-satunya pabrikan Jepang yang tersisa di F1 musim ini dengan menyuplai mesin bagi tim Williams. Kerjasama telah berakhir dan Williams beralih ke mesin Cosworth. Tahun lalu Honda berhenti menyuplai mesin bagi tim Super Aguri.

Toyota gagal memenangkan balapan sejak masuk ke F1 pada 2002. Padahal, mereka menganggarkan dana tahunan yang luar biasa besar, diperkirakan mencapai 200 juta pounds.

Langkah Toyota ini membuat F1 tinggal menyisakan tiga pabrikan, yakni Ferrari, Mercedes dan Renault. Awal tahun ini Toyota sudah menandatangani kesepakatan untuk terus mendukung F1 sampai setidaknya tahun 2012. Panarikan diri membuat Toyota harus berhadapan dengan sejumlah aspek legal dari kerjasama tersebut. reuters/isr/eye

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com